Tumis Daging Se'i Pedas Dengan Taburan Oregano

Apa itu daging se'i? Daging se'i adalah daging asap (smoke beef) yang dimasak dengan cara tradisional khas Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Daging disini bisa daging sapi, daging babi, atau ikan. Awalnya dibuat untuk mengawetkan daging agar bisa disimpan lama, karena zaman dulu belum ada kulkas. Karena saya muslim, saya memesan oleh-oleh daging se'i sapi yang terjamin halal, salah satunya daging se'i dari Ibu Soekiran. Apa yang membedakannya dengan daging asap biasa? Daging se'i dibuat tidak hanya dengan kayu kusambi, juga dibuat dengan daun-daunan khusus yang memberikan aroma asap yang khas. Selain itu, daging yang dipotong-potong memanjang itu dibumbui terlebih dahulu dengan garam dan rempah-rempah yang khas. Secara teknis daging ini sudah masak, sehingga tidak perlu dimasak terlalu lama. Selain itu daging ini sudah berasa asin, sehingga penambahan garam harus hati-hati kalau tidak mau terlalu asin. Kemasan daging ini biasanya diplastik vakum dalam keadaan dingin (-5°C) dikemas per 500 gram.
Tumis daging se'i pedas dengan taburan oregano
Daging Se'i Sapi Asli Kupang, NTT


Lalu daging se'i ini enaknya diolah seperti apa? Banyak lho.. bisa dianggap sebagai daging asap (dengan tambahan aroma khas dan rasa rempah khas NTT), sehingga bisa dibuat isian sandwich, nasi goreng, lumpia, dll. Bisa juga dimasak menjadi balado, capcay, atau ditumis biasa seperti yang akan saya lakukan. Di Kupang sendiri, daging se'i diolah dengan berbagai macam resep kuliner tradisional NTT yang dikupas di website berikut.

Masakan daging se'i ini saya beri nama:

Tumis Pedas Daging Se'i Sapi Empat Cabai Dengan Taburan Oregano.

Bahan-bahan tumis daging se'i oregano
Bahan:
  1. Daging Se'i Sapi 500 gram (1 pack).
  2. Cabai merah besar 6 buah. Tidak berpengaruh ke tingkat kepedasan.
  3. Cabai paprika merah ukuran kecil, 1/2 bagian buah. Tidak berpengaruh ke tingkat kepedasan.
  4. Cabai rawit padi merah, 12 buah atau tergantung tingkat kepedasan nanti, sensasi pedasnya di lidah. Kalau tidak ada, bisa pakai cabai rawit merah.
  5. Cabai gendot/habanero, 5 buah atau tergantung tingkat kepedasan yang diinginkan, kepedasannya akan melengkapi pedasnya cabai padi, pedasnya kena di rongga mulut.
  6. Bawang putih satu siung.
  7. Bawang merah 8 siung.
  8. Bawang bombay ukuran kecil 1 buah.
  9. Merica bubuk 2 sdt.
  10. Garam 1/2 sdt.
  11. Air perasan jeruk lemon 2 sdm.
  12. Daun jeruk 6 lembar.
  13. Oregano 2 sdt atau sesuai selera.
  14. Minyak goreng/zaitun 5 sdm (untuk tumis kering).

Persiapan bumbu potong/cincang:
  • Cabai merah dipotong memanjang 4 bagian.
  • Cabai habanero dipotong kotak-kotak besar.
  • Cabai paprika merah dipotong kotak-kotak besar.
  • Cabai padi/rawit merah dipotong dua memanjang.
  • Bawang bombay di cincang kasar.

Persiapan bumbu ulek kasar:
Bawang merah dan daun jeruk ditumbuk kasar, bawang putih geprek saja, lalu potongan cabai merah besar ikut dipencet-pencet hingga lemas. Tambahkan garam dan air perasan jeruk lemon. Aduk-aduk agar merata lalu disimpan ke dalam wadah. Biarkan agak lama hingga air jeruk lemon meresap dan air dari cabai keluar.

Persiapan daging se'i:
Daging se'i dipotong sesuai ukuran potongan yang diinginkan, idealnya seukuran panjang kartu atm. Lalu daging se'i dipukul-pukul dengan pemukul daging sampai serat-seratnya pecah dan daging menjadi lembut. Jika pada awalnya daging se'i dalam kemasan plastiknya beku, rendam daging se'i yang masih tersegel dalam kemasan plastiknya (belum dibuka) pada air keran yang mengalir, jangan menggunakan air hangat/panas untuk mencairkannya. Jika kemasannya sudah terlanjur terbuka, angin-anginkan saja dan jangan dicuci dengan air.

Memasak:
  1. Panaskan wajan penggorengan dan tuangkan minyak goreng secukupnya, karena akan menumis kering.
  2. Api kecilkan dan minyak panas, masukkan potongan bawang bombay, habanero, cabai padi dan paprika. Tumis hingga bawang harum dan cabai lemas.
  3. Masukkan bumbu halus beserta airnya, masukkan merica bubuk dan aduk-aduk hingga merata, aroma pedas menyengat keluar dengan mantap dan bawang bombay mulai meng-karamel.
  4. Masukkan daging se'i. Karena secara teori daging ini sudah masak, pemasakan tidak boleh terlalu lama.
  5. Cek rasanya apakah kurang garam? Seharusnya tidak.
  6. Setelah 10 menit matikan api dan taburkan oregano sambil diaduk merata.
  7. Sajikan dalam keadaan panas dan dengan nasi putih pulen.
Tumisan beraroma sedap dan pedas menyengat dari daging se'i